Cara Melihat Data yang Tersimpan di Akun Google via Lima Aplikasi

Ponsel yang sudah di sinkronisasi pada akun Google, secara langsung akan menyimpan semua data pada akun Google. Data itu bisa berupa dokumen, foto atau video. Bagaimana cara melihat data yang tersimpan di akun Google itu? Pada artikel ini ada lima cara yang bisa dipakai melihat data yang disimpan pada akun Google:

1. Lewat Google Drive

Dari situs drive.google.com, cara melihat data yang tersimpan di akun Google berupa foto, video dan sebagainya bisa dilakukan. Buka saja situs lewat browser kemudian masuk ke Drive dengan akun yang sama seperti saat menyimpan data. Pengguna akan menemukan data yang pernah disimpannya yang telah tersusun rapi berdasar nama, modifikasi terakhir dan sebagainya.

Sebelum itu, agar data dicadangkan pada akun Google melakukan penyetingan dengan cara masuk ke setting, klik akun lalu pilih Google. Saat memilih Google itu akan keluar GMail yang tersimpan pada ponsel, pilihlah akun GMail yang akan dipakai untuk menyimpan data, cari “contact” dan beri centang di semua data yang ingin disinkronkan.

2. Via Google Photos

Cara berikut ini khusus melihat data yang berwujud foto. Caranya ialah membuka Google Photos. Apk Google Photos ini dapat diunduh pada ponsel pintar. Selain menyimpan foto yang disimpan, Google Photos dengan otomatis juga merekam semua hasil potret dari kamera. Untuk terhubung dengan Google Photos memerlukan akses internet dan akun Google.

Data foto yang disimpan akan diurutkan menurut data bulan dan tahun upload foto itu. Untuk memiliki akses di Google Photo, setting dulu pada bagian back-up dan simpan pada Google Photos. Untuk melihat foto yang yang sudah disimpan, buka Google Photos dan klik menu “photos” yang terletak pada bagian bawah.

3. Melalui Google Account

Cara melihat data yang tersimpan di akun Google berikutnya bisa lewat Google Account. Data yang disimpan bisa berupa kontak atau kata sandi. Google Account ini dapat diakses lewat situs website lewat peramban apa saja yang dipakai. Ketik saja “Google Account” di kolom pencarian. Plik dan klik hasil pencarian yang paling atas yang merupakan situs resmi.

Sesudah situs terbuka pilih “Go to” akun Google dan masukkan akun yang dimiliki. Di akun Google ada pilihan beranda, orang dan berbagi, pembayaran dan langganan info pribadi dan juga data, privasi dan keamanan. Jika yang dicari ialah data kontak, klik “orang dan berbagi”¬† karena data kontak ada di situ.

4. Memakai Files by Google

File by Google ini diakses lewat apk Google LLC. Pada Google Files ini pemakai dapat melihat, mencari serta melakukan rename atas folder dari data yang telah disimpan. Untuk melihat data yang telah disimpan, tahap pertama yang mesti dilakukan ialah memasang apk Files kemudian login memakai akun Google yang mau dipakai.

Akan keluar sejumlah data yang telah tersusun berdasar kategori dan dapat disesuaikan di sebuah list atau dalam bentuk petak. Ada beberapa pilihan untuk mengurutkan data yang bisa dipilih, bisa berdasar nama, tanggal atau ukuran data.

5. Via Apk Autosync for Google Drive

Sama seperti Google Photos yang dapat menghubungkan perangkat dengan akun Google lalu menyimpan foto, Auto Sync memiliki cara kerja yang sama. Satu-satunya perbedaan, Autosync ini dapat dipakai sebagai cara melihat data yang tersimpan di akun Google.

Semua data yang terdapat di ponsel pintar bisa dilihat, bukan hanya foto saja. Data yang ditampilkan berupa sejarah sinkronisasi lengkap dengan posisi sumber data beserta tanggal dan namanya.

Demikian tadi lima aplikasi yang bisa dipakai sebagai  cara melihat data yang tersimpan di akun Google. Semuanya mudah dipakai. Data-data yang disimpan itu bisa dilihat ataupun diakses kapan saja serta dimana saja asalkan pemakai ingat akun dan sandinya.