Komposisi Penduduk Afrika Berdasarkan Usia

Kondisi Alam Benua Afrika, Komposisi Penduduk, Iklim & FloraFauna
Kondisi Alam Benua Afrika, Komposisi Penduduk, Iklim & FloraFauna from tirto.id

Afrika adalah salah satu benua yang paling heterogen dalam hal penduduk. Di seluruh benua ini, komposisi penduduk berdasarkan usia sangat berbeda, dengan sebagian besar penduduk dalam kategori usia muda. Di bawah ini, kita telah merangkum komposisi penduduk Afrika berdasarkan usia, berdasarkan data dari Bank Dunia.

Penduduk Muda Afrika

Penduduk muda adalah kelompok dengan usia 0-14 tahun. Di Afrika, sekitar 40,5% dari seluruh populasi berada dalam kategori ini. Di banyak negara di Afrika, tingkat kelahiran relatif tinggi, dan penduduk muda tidak berubah banyak dari tahun ke tahun. Namun, di beberapa negara, seperti Nigeria, tingkat kelahiran telah menurun secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Penduduk Usia Menengah

Penduduk usia menengah adalah kelompok dengan usia 15-64 tahun. Di Afrika, sekitar 56,2% penduduk berada dalam kategori ini. Di beberapa negara, seperti Botswana, tingkat kelahiran telah menurun secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, dan jumlah penduduk usia menengah telah menurun. Namun, di beberapa negara lain, tingkat kelahiran masih relatif tinggi, sehingga jumlah penduduk usia menengah masih cukup besar.

Penduduk Lanjut Usia di Afrika

Penduduk lanjut usia adalah kelompok dengan usia 65 tahun atau lebih. Di Afrika, sekitar 3,3% penduduk berada dalam kategori ini. Di banyak negara di Afrika, tingkat kematian masih relatif tinggi, sehingga jumlah penduduk lanjut usia masih rendah. Namun, di beberapa negara, seperti Afrika Selatan, tingkat kematian telah menurun secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, dan jumlah penduduk lanjut usia telah meningkat.

Kesimpulan

Dari data di atas, dapat dilihat bahwa komposisi penduduk di Afrika sangat berbeda berdasarkan usia. Sekitar 40,5% penduduk berada dalam kategori usia muda, 56,2% berada dalam kategori usia menengah, dan hanya 3,3% berada dalam kategori usia lanjut. Kondisi ini menggambarkan bahwa komposisi penduduk di Afrika masih cenderung muda. Namun, di beberapa negara, seperti Afrika Selatan, tingkat kematian telah menurun secara signifikan, dan jumlah penduduk lanjut usia telah meningkat.